Cara Daftar dan Mendapatkan SSL Gratis Dari CloudFlare Dengan Mudah

Lama saya tidak update artikel dan menyapa sahabat pembaca blog kepercayaan, kali ini admin akan membahas tutorial cara daftar dan mendapatkan SSL gratis dari CloudFlare.

SSL atau (Secure Socket Layer) merupakan sebuah teknologi keamanan standar yang digunakan untuk membangun sebuah link yang dienkripsi antara server dan pengguna/user. Biasanya, hubungan antara web server  dengan browser, email server dan email client seperti Outlook sehingga akan meningkatkan keamanan di level server dan juga client.

Nah, cara mendapatkan SSL gratis dari CloudFlare pun cukup mudah. Kita hanya perlu melakukan sign up di CloudFlare, dengan begitu kita akan langsung dapat mengaktifkan fitus SSL gratis yang disediakan pihak cloudflare. Sebetulnya selain mendapatkan ssl gratis dari cloudflare disana kita juga dapat keuntungan lainnya seperti meringankan beban server blog yang kita kelola.

Namun, disini saya hanya akan membahas tentang cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare dan sebelum saya memulai, perlu Anda ketahui bahwa di CloudFlare, terdapat 3 tipe SSL, yaitu, Flexible SSL, Full SSL dan Full (Strict) SSL.

Ketiganya sama-sama SSL gratis dari CloudFlare. Perbedaan yang ada hanya terletak pada setting dan requirement yang diperlukan saja.

Pada artikel ini, saya hanya akan membahas menggunakan Flexible SSL, dimana layanan ssl gratis dari cloudflare yang satu ini benar-benar gratis alias tidak ada biaya sama sekali, karena sesuai dengan topic yang saya tulis disini yaitu SSL gratis dari CloudFlare, jadi semuanya harus benar-benar free, tanpa ada biaya tambahan apapun. Untuk layanan Full SSL sendiri sebenarnya sama-sama bisa gratis 100% tapi kita harus membuat self-signed certificate sendiri.  Pada kesempatan lain mungkin akan saya bahas di artikel selanjutnya, dan kali ini saya bahas yang Flexible SSL supaya sekarang bisa lebih fokus di ssl gratis dari CloudFlare.

Langkah-langkah mendapatkan dan setting SSL gratis dari CloudFlare

1. Daftar CloudFlare

2. Add Website

3.Klik DNS Management

4.Select Plan Free Website

5.Update Name Server

6.Klik Crypto

1. Pertama Daftar Cloudflare

Langkah pertama buka halaman cloudflare.com kemudian lakukan registrasi dengan klik tombol Sign Up yang tersedia. Kemudian isi email dan password anda, dan ikuti langkah selanjutnya yang disajikan ClodFlare.Sign Up CloudFlare - SSL Gratis dari CloudFlare

 

1.a. Sign up CloudFlare – SSL gratis dari CloudFlare
Sign Up Akun SSL Gratis Dari ClodFlare
1.b. Sign up dengan mengisi form – SSL gratis  dari CloudFlare

2. Add Website

Langkah berikutnya silahkan Anda masukan nama domain situs atau link website/blog milik Anda di halaman “Add Website” dan klik “Scan DNS Records”. Selanjutnya CloudFlare akan mulai menganalisa link url situs atau nama domain yang kita masukkan tadi.

Klik “Continue” setelah proses analisa selesai.

Add Website SSL Gratis Dari CludFlare

2.a. Add Website – SSL gratis dari CloudFlare
Scan Analis Website - SSL Gratis Dari CloudFlare
2.b. Done, Klik Continue – SSL gratis dari CloudFlare

3. Klik DNS Management

Pada halaman berikutnya, Anda akan disuguhkan tampilan kurang lebih sepert pada gambar dibawah ini. Halaman ini berisi DNS server yang kita miliki. Klik tanda awan yang masih berwarna abu abu sehingga berubah menjadi warna orange seperti pada gambar dibawah yang saya lingkari. Kalau sudah, lanjutkan ke step yang selanjutnya.

Verify DNS - SSL gratis dari CloudFlare

3. Verify DNS – SSL gratis dari CloudFlare

Kembali Ke Atas

4. Select Plan Free Website

Di halaman berikutnya, pilih yang “Free Website”. Untuk mendapatkan yang gratis.

Select Free – SSL gratis dari CloudFlare

4. Select Free – SSL gratis dari CloudFlare

5. Update Name Server

Sekarang setelah langkah 1-4 selesai, saatnya untuk mengubah nameserver domain supaya domain yang akan digunakan mengarah ke server CloudFlare. Untuk melakukannya, masuk ke dashboard registrar domain terdaftar yang Anda miliki, dan ubah nameserver-nya dengan nameserver diberikan CloudFlare yang telah ditentukan (contoh gambar di bawah).

Selanjutnya Anda tinggal menunggu propagansi DNS (domain mengarah ke server CloudFlare) dan melanjutkan setting berikutnya.

5.a. Change Nameserver
Check status nameserver -SSL Gratis Dari CloudFlare
5.b. Check status nameserver

6. Klik Crypto

Setelah masa propagansi DNS selesai (biasanya hanya hitungan menit), selanjutnya adalah langkah terakhir untuk mendapatkan SSL gratis dari CloudFlare. Yaitu, dengan mengklik “Crypto” Di dashboard CloudFlare, dan pada kolom SSL, pilih “Flexible”.

Selanjutnya, setelah semua selesai tinggal menunggu approval dari CloudFlare, biasanya membutugkan waktu maksimal 24 jam. Tapi pengalaman saya, biasanya hanya memerlukan waktu maksimal 15 menit. Tandanya adalah muncul kata “Active Certificate” pada kolom SSL sebelumnya.Enable Flexible SSL Gratis Dari CloudFlare

6.a. Enable Flexible SSL
Active Certificate SSL Gratis Dari CloudFlare
6.b. Active Certificate

Sampai di sini, kita sudah mendapatkan SSL gratis dari CloudFlare dengan cuma-cuma. Namun, SSL tersebut tidak langsung aktif dengan sendirinya. Kita perlu melakukan setting lanjutan pada website atau blog yang kita miliki.

Perlu sedikit trik supaya SSL dan HTTPS dapat diredirect dengan sempurna tanpa ada mixed content yang mana biasanya menyebabkan gembok hijau khas https tidak muncul pada bar browser.

Demikian sedikit ulasan tentang cara mendapatkan SSL Gratis Dari CloudFlare. Salam Blogging!
Kembali Ke atas

Leave a Reply